Temu Sapa, DEMA IPMAFA Siap Maksimalkan Kinerja Kabinet

 

Kegiatan Temu Sapa Pengurus Dewa Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) Pati, Kamis (15/6/23).

Kabar DEMA - Usai Perhelatan Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemilwa) 31/5/23, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati menggelar temu sapa perdananya pada Kamis (15/6/23).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh semua pengurus DEMA mulai dari Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara serta pengurus divisi yang terdiri dari Divisi Internal, Eksternal serta Media.

Temu Sapa tersebut memfokuskan pembahasan mengenai persiapan Rancangan Program Kerja DEMA yang akan direalisasikan dalam 1 periode kedepan.

Tidak hanya itu, kegiatan juga bertujuan sebagai forum pengenalan pengurus DEMA agar terjalin kontribusi yang solid kedepannya. Adapun menyangkut penyampaian progja akan dilaksanakan minggu mendatang menunggu intruksi lanjutan dari ketua.

Maksimalkan Kinerja Kabinet

Ketua DEMA terpilih, Aida Sufrotus Sofi menyatakan dalam memaksimalkan kinerja kabinet ia dan semua pengurus mengkaji kembali kembali program-program kerja periode sebelumnya untuk kemudian dilakukan upgrading.

“Program kerja paling maksimal kemarin bagian eksternal, dan saaat ini kita semkain berusaha untuk memperkuat bagian internal. Seperti halnya monitoring Program Kerja HMPS maupun DEMA Fakultas yang dibawahi DEMA Institut,” tutur Aida.

Menurutnya program kerja eksternal yang berhasil dilakukan periode sebelumnya seperti menjalin kerjasama dengan beberapa instansi atau lembaga seperti pihak perbankan, optik dan Arus Informasi Nusantara (AISNU).

“Misalnya dengan AISNU kita bekerjasama dalam hal penyelenggaraan Seminar Literasi Digital,” ungkapnya.

Menindaklanjuti keberhasilan tersebut, Aida dan kawan-kawan merasa perlu untuk memperkuat bahkan meningkatkannya pada cakupan yang lebih luas.

“Tentu bagian eksternal yang sudah baik itu ditingkatkan tindak lanjutnya agar semkain meningkat,” imbuhnya.

Program Unggulan

Dari Temu Sapa tersebut, Aida memberikan bocoran akan adanya program unggulan terbaru DEMA Institut periode ini, yakni IPMAFA Mengabdi. Di mana mahsiswa nantinya akan diterjunkan ke suatu daerah atau desa dan diharapkan dapat belajar dan berkontribusi.

Sebagai gambaran, Aida menjelaskan sasaran delegasi Program IPMAFA Mengabdi diambilkan dari mahasiswa semester 4.

Salah satu tujuannya tentu sebagai bekal sebelum terjun saat KKN. Selain itu juga sebagai show up keterampilan mahasiswa IPMAFA di tengah masyarakat.

“Secara teknis seperti biasa, sebelum melakukan terjun lapangan dilakukan obeservasi, memilah dan memilih temuan-temuan yang ada untuk disesuaikan relevansinya dengan kompetensi mahasiswa,” sambungnya.

Menyoal target kegiatan, Aida mengharapkan nantinya mahasiswa mempunyai kepedulian dengan revitalisasi pemberdayaan daerah. (Syarifatun Sa'adah-Divisi Media DEMA/Uha-01)