Pelantikan Lembaga Kemahasiswaan, Rektor: Mahasiswa Harus Paham Politik, Agar Tak Jadi boneka !


Pelantikan Lembaga Kemahasiswaan (LK) Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) Periode 2022-2023 usai digelar Senin (13/6/2022) lalu. Rektor IPMAFA, KH. Abdul Ghofarrozin, M.Ed. menghimbau agar mahasiswa memahami ilmu politik agar tidak menjadi boneka bagi oknum-oknum berkepentingan.

"Seorang mahasiswa itu harus mampu memahami ilmu politik, agar kita tidak menjadi boneka oleh orang-orang yang memiliki kepentingan,” paparnya dalam sambutan.

Dalam arahannya rektor menyampaikan, organisasi mahasiswa sangat berguna untuk melatih sikap leadership mahasiswa, dimana lembaga kemahasiswaan harus melakukan revitalisasi program kerja berdasarkan visi dan misi kampus.

“Sehingga dapat menghasilkan program kerja yang menarik dan kreatif,” katanya.

Rektor yang akrab disapa Gus Rozin ini juga menyampaikan bahwa kompetensi yang diperlukan mahasiswa dalam menjalankan roda organisasi diantaranya adalah kuatnya jaringan antar kampus (lokal, nasional, bahkan internasional).

“Selain itu, skill komunikasi dan tata bahasa (Get connected, Get comunication), mampu menciptakan terobosan-terobosan (kreatif, inovatif dan mandiri), komitmen untuk berkolaborasi  antar Lembaga kemahasiswaan yang ada, serta framing yang menarik,” terangnya.

Menurutnya, keseluruhan hal tersebut dapat menjadi wadah untuk saling bekerjasama dan bertukar informasi guna mencapai tujuan bersama. Oleh karenanya, mahasiswa juga dituntut untuk bisa berpikir secara makro dengan implementasi mikro yang mendasar.

“Meski mereka berada di panggung yang sama, tetapi masing-masing mempunyai peran yang berbeda,” tegasnya.

Rektor IPMAFA (KH.Abdul Ghaffarozin, M.Ed) secara resmi melantik seluruh pengurus lembaga kemahasiswaan secara serentak dengan memimpin pembacaan ikrar janji pengangkatan pengurus.

Acara yang bertempat di aula I Institut Pesantren Mathali'ul Falah tersebut diikuti seluruh pengurus lembaga kemahasiswaan, diantaranya Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Himpunan Mahasiswa Progam Studi (HMPS) dan semua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian surat keputusan dan pemberian ucapan selamat dari para Pimpinan IPMAFA. (Khoirotun Nisa')